Inovasi Godaan



"Musuh yang nyata itu kini hadirnya lebih sering di dunia maya."


Ketika zaman sudah beralih menjadi lebih canggih. Maka syaitan juga ikut menginovasi cara menggoda dengan lebih kreatif. Bukan hanya mengganggu agar kamu tidak mau sholat sama sekali. Tetapi ia lebih senang membuatmu terpedaya dengan kesenangan duniawi.

Jika dunia ibarat fatamorgana, bagaimana dengan dunia maya? Lebih dari sekedar senda gurau, tipuan, dan permainan belaka. Dunia baru yang diciptakan oleh manusia untuk berbagai kepentingan dunia.

Para penciptanya menyadari beberapa fitrah manusia yang bisa manjadi peluang besar untuknya. Salah satunya adalah rasa untuk diakui.

Lihatlah, semua yang ditampilkan di dunia maya adalah hasil terbaik. Kejadian terbaik, foto terbaik, prestasi terbaik, makanan terbaik dan apapun yang nampak paling baik dihapan manusia.

Pada dasarnya manusia senang dipuji. Begitulah simbol like membuat efek ketagihan yang memuaskan nafsu. Merasa diperhatikan dan berhasil menarik perhatian. Menjadi fenomenal dan viral adalah sebuah kebanggaan.

Sadarkah kita, jika semakin sering kita mengurusi dunia maya akan melupakan kita dari berbagai pemenuhan hak yang seharusnya menjadi prioritas utama kita?

Sudahkah tunaikan ke-empat hak tersebut dengan persembahan terbaik?
1. Hak Allah
2. Hak Keluarga
3. Hak diri sendiri
4. Hak orang lain

Kadang urutan ke-empat hak tersebut malah berubah. Yang menjadi posisi utama adalah pemenuhan hak yang ke-tiga. Sehingga munculah fenomena apatis, narsis dan selfis.

Semua adalah hasil inovasi antara nafsu alami dan godaan syaitan yang berwujud jin dan manusia. Maka berhati-hatilah jika hati ini sudah terlalu candu dengan dunia maya.

Apakah kita lupa? Bahwa kita akan mati bersama dengan apa-apa yang kita cintai.

Jika cinta ditandai dengan intensitas kerinduan yang menguasi ingatan.

Seberapa rindukah kita dengan Allah dibandingkan dengan sosial media?
Seberapa sering kita membuka dan membaca firman Allah dibandingkan membuka dan membaca sosial media?
Seberapa besar usaha kita untuk mempersembahkan yang terbaik dalam ibadah dibandingkan mengusahakan postingan dunia maya?

Maka waspadalah terhadap inovasi godaan yang hadirnya tidak disadari. Pandailah melawan bujukan syaitan yang menyerang sampai kedasar sanubari.

Semoga Allah menjaga iman dan hati kita dari godaan syaitan yang terus berinovasi.

Asrida Juliana.
Jakarta,07.07.17

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mudah Menikah

Fenomena Left Grup Part 2

Renungan Pranikah