Berdamai dengan Takdir



"Penyesalan membuat kita memahami bahwa masa lalu memang tidak bisa kembali."-anonim


Setiap orang punya cerita tentang masa lalunya. Cerita yang punya rasa beragam. Bagai kombinasi segala macam rasa yang ada. Mungkin pahit, manis, asam, asin, atau rasa baru yang hanya kamu yang tau apa namanya. Yang pasti, masa lalumu adalah kisahmu yang telah Allah takdirkan untukmu.

Yang sudah terjadi, memang begitulah adanya. Meski kadang sulit untuk menerima bagian kelam dari masa lalu itu. Namun percayalah, bagian itu adalah cara Allah agar dirimu kembali pada-Nya.

Jika saat ini kamu telah hijrah dan melewatinya, itu adalah bagian dari pertolongan Allah yang istimewa untukmu. Mungkin banyak kisah masa lalu yang serupa denganmu, namun hanya beberapa orang saja yang Allah pilih untuk diberikan hidayah dan inayah-Nya dan salah satunya adalah kamu. Maka bersyukurlah.

Terima saja masa lalu yang telah terjadi. Itulah bagian yang mungkin membuat hidupmu lebih berarti saat ini. Mungkin dari situlah kamu menjadi seseorang yang lebih kuat dan teruji. Sebab kamu akan lebih menjaga diri agar terhindar dari pengulangan kesalahan yang dulu pernah dilakukan.


Hidup ini selalu berubah. Tidak pernah sama persis setiap harinya. Maka jangan takut lagi bahwa yang lalu akan mengganggu saat ini. Semua pasti bisa berubah seiring berjalannya waktu.


"Dia yang mau menerima kelamnya masa lalu, kemudian mengambil hikmah dan berhijrah dengan sungguh-sungguh. Maka dia adalah orang yang punya masa depan cerah."-AJ .


Maka bagian gelap masa lalumu adalah bingkai kenangan yang dijadikan pembelajaran, bukan penyesalan yang tak terselesaikan. Cukup saat itu saja kita menyesalinya sebab menyadari bahwa hal itu salah. Tetapi sadarlah, bahwa hidup ini terus berjalan dan menuntutmu untuk melangkah menuju perubahan!

Berdamailah dengan masa lalumu yang kelam. Hadapi berbagai tantanganmu hari ini. Lakukan yang terbaik, sekarang!

Habis gelap terbitlah terang!

Asrida Juliana.
Bekasi, 06.07.17
_________________
Hari ini aku, kamu dan Bekasi punya cerita tentang perjuangan, perdamaian, kesabaran, ketangguhan, keikhlasan dan kebahagiaan. :)

Bersama @annamariiana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mudah Menikah

Fenomena Left Grup Part 2

Renungan Pranikah