Jangan Paksa Untuk Sama




Sejak kasus anu yang sudah di penjara itu, pembahasan tentang agama jadi makin sensitif. Padahal dulu kita bebas beragama dan bebas mendakwahi agama kita masing-masing.


Di Indonesia mungkin banyak ragam budaya serta agama. Dari dulu saya belajar kok tentang agama selain Islam. Meski cuma mengenalnya sekilas, tetapi sudah bisa menjelaskan kalau tiap agama punya konsep tuhan yang beda.

Makanya ritual agamanya beda, aturannya beda, sehingga menghasilkan perilaku manusia yang beda pula. Terus masih mau nyama-nyamain agama? Kalau pake logika berpikir yang jernih, itu namanya kesamaan yang dipaksa.


Cuma dengan lebel kebaikan lantas menyamaratakan keimanan? Oh jelas tidak masuk akal.

Bayangkan jika ada dua pimpinan. Keduanya punya karakter yang beda, punya aturan yang beda, dan memberi misi yang beda. Meskipun tujuan dari misi itu sama, tetapi sumber perintah dan cara untuk mencapainya apakah sama? Jelas beda. Kalau mau disamain berarti samakan saja pemimpinnya.


Tolong jangan samakan kebaikan dengan keimanan. Jelas umat islam diperintahkan untuk berbuat baik kepada sesama manusia tanpa pandang status. Umat islam berbuat baik sebab Allah yang perintahkan. Jadi, tulus tanpa modus. Ini sebabnya iman dan amal selalu berjalan seiringan. Gak bisa dipisahkan. Kebaikan kami adalah buah dari iman di hati. Bukan semata ingin dipuji atau dikasihi.


Maka, aktifkan 'kritikal thinking' kita buat mencerna isu-isu terkini yang punya maksud halus menuju kesesatan.

Toleransi dengan kebaikan itu diatur dalam islam. Tetapi soal keimanan? Cukup baca surat Al-Kafirun lengkap dari ayat 1 sampai 6. Tambah tafsirnya biar jelas.


Toleransi itu bukan mengganggap semua agama sama. Bukan mengakui semua agama benar. Tetapi yakini agama masing-masing. Pertahankan identitas dalam beragama dan tidak ada saling menistakan agama.

Terakhir...


Islam agamaku, maka jangan samakan agamaku dengan agamamu.

Bagiku, islam agama yang diridhoi Allah. Agama yang aku imani dan menyuruhku untuk berbuat baik dan menjadikan kedamaian di muka bumi. Kebaikan dengan keimanan kepada tuhan yang Maha Esa. Ahad.


Wallahu'alam bishoab.
#AJ
(Asrida Juliana)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mudah Menikah

Fenomena Left Grup Part 2

Renungan Pranikah