Remedial Ujian

Oleh : Asrida Juliana

Wah apa itu remedial? Kalau waktu sekolah remedial itu ketika nilai ujian tidak memenuhi standar sehingga harus mengulang untuk memperbaikinya. Kalau belum lulus di ulang lagi sampai lulus.

Jika remedial berkali-kali rasanya sampai bosan mengerjakan soal yang hampir sama. Alhasil setelah lulus jadi ingat dan paham betul pola dan konsep soalnya. Bisa dibilang khatam gitu ya.

Nah... Sama juga ternyata dengan model ujian kehidupan yang Allah berikan kepada kita. Ternyata ada juga sistem remedialnya. Tujuannya agar kita bisa terus memperbaiki diri dan menambah kualitas hidup kita setiap hari.

Coba jawab dalam hati, pernah gak ngerasa ditimpa ujian yang sama berkali-kali?
Meskipun tidak sama persis kejadiannya tetapi mirip polanya.
Nah itu namanya remedial ujian. Allah ga akan meluluskan kita dari satu ujian jika kita belum bisa mengambil hikmah dari ujian tersebut. Apalagi kalau kita cenderung menghindari ujian. Semakin kita lari maka akan semakin dikejar loh.
Maka sebaiknya kita bisa lebih memaknai ujian yang menimpa kita. Perhatikan pola-pola ujiannya dan mintalah petunjuk pada-Nya. Hadapilah ujian dengan kesungguhan, penuh persiapan dan keridhoan hati.

Semoga kita tidak sering mengalami remedial ujian karena kita senantiasa selalu menyiapkan diri untuk segala ujian yang akan menyapa.
Jika saat di uji sulit rasanya untuk bersabar, sesungguhnya Allah telah menyiapkan syurga yang dikelilingi oleh hal yang manusia benci dan neraka dikelilingi oleh hal yang manusia cintai. Maka sabar bisa jadi salah satu jalanmu untuk kesyurga.

Wallahu'alam bishoab.

Semoga bermanfaat ^^ Asrida Juliana, 11 April 2016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mudah Menikah

Fenomena Left Grup Part 2

Renungan Pranikah